kisah turis inggris terjebak 2 bulan di rumah orang utan bukit lawang

Pasangan Turis Dari Inggris, Jeff Dan Zuzana

8tangkas - Pasangan turis dari Inggris terjebak selama 2 bulan di Bukit Lawang, rumah spesies orang utan yang langka. Bukannya menyesal, mereka berdua malah bersyukur.

Jeff Yip (37) dan Zuzana Barancova (36), pasangan turis asal Inggris terjebak tidak bisa pulang selama dua bulan di Bukit Lawang di Kabupaten Langkat, Sumatera Utara. Mereka gagal meninggalkan Indonesia karena penerbangan pulang di bulan April dibatalkan gegara pandemi virus Corona.

Meski tidak bisa pulang, Jeff dan Zuzana malah bersyukur karena mereka seperti terjebak di 'surga'. Suasana asri dan hijau dari Bukit Lawang justru membuat mereka betah.

Apalagi di sana masih bisa dijumpai satwa-satwa liar, terutama Orang Utan yang memang berhabitat di sana. Cuacanya juga bersahabat, cerah, dan hangat.

"Tidak ada lockdown di sini, jadi kami kemana-mana jalan kaki. Kami melihat banyak satwa liar selama berjalan kaki. Mulai dari monyet-monyet, biawak, bahkan sekali-dua kali ketemu ular," cerita Jeff seperti dikutip detikTravel dari Daily Mail, Jumat (19/6/2020).

Perjumpaan Jeff dan istrinya dengan satwa liar mencapai puncaknya ketika bertemu dengan spesies orang utan yang hidup secara liar di hutan sekitar Bukit Lawang. Saat itu, Jeff bonanza88 dan Zuzana melihat induk orang utan sedang berada di sungai.

"Perjumpaan terbaik selama di sini adalah ketika kami berjalan di sungai, beberapa meter saja dari guesthouse kami, kemudian kami melihat Orang Utan muda menyeberang sungai. Lalu induk Orang Utan menyusul dengan membawa bayi," kisah Jeff.

Selain bisa bertemu dengan orang utan dan menikmati suasana yang masih alami, Jeff juga bersyukur karena di Bukit Lawang relatif lebih aman dari virus Corona karena lokasinya yang cukup jauh dan tidak ada yang berkunjung ke sana, selain warga lokal.

Awal Mula Bisa Terdampar di Bukit Lawang


Tentunya muncul pertanyaan di benak traveler, bagaimana bisa Jeff dan Zuzana yang notabene berasal dari Staffordshire, Inggris bisa terjebak di Bukit Lawang?

Semua bermula saat Jeff dan Zuzana merencanakan perjalanan mereka sejak jauh-jauh hari. Mereka bahkan sudah menabung selama dua tahun buat berkeliling kawasan Asia Tenggara.

Mereka memulai perjalanan menjelajahi Asia Tenggara di bulan Desember tahun lalu. Berturut-turut mereka mengunjungi Singapura, Malaysia, Thailand, Myanmar, Kamboja, Vietnam dan juga Laos, sebelum berakhir di Bukit Lawang pada bulan Maret.

Jeff dan Zuzana ke Bukit Lawang untuk melihat orang utan. Di Bukit Lawang, mereka menginap di sebuah guesthouse dengan tarif sekitar 5 poundsterling per malam. Jika dirupiahkan mereka membayar sekitar Rp 87 ribuan per malamnya.

Di Bukit Lawang, Jeff rencananya akan menghabiskan beberapa hari saja buat trekking dan melihat orang utan. Tapi ternyata mereka harus tinggal lebih lama dari rencana semula gara-gara wabah Corona.

Rencananya juga sebelum pulang ke Inggris, mereka ingin mengunjungi pulau Jawa dan Bali. Tapi gara-gara virus Corona, mereka memilih untuk bertahan di Sumatera sambil menunggu situasi kembali normal.

"Ini sungguh luar biasa. Kami bisa saja pulang ke Inggris dengan kondisi tidak menentu dan dilockdown di tempat. Bertahan di sini memberikan kesempatan bagi kuta untuk membenamkan diri ke dalam komunitas setempat," ujar Jeff.

Jeff pun bercerita pada momen Idul Fitri kemarin, dia dan istrinya diundang oleh salah seorang warga untuk makan bersama ke rumah mereka. Itulah pertama kalinya Jeff dan istri merasakan kehangatan Idul Fitri di Indonesia.

"Kami bahkan dianggap seperti keluarga oleh pemilik guesthouse. Dia mengundang kami saat Idul Fitri, sesuatu yang turis biasa jarang bisa mengalaminya," kata Jeff.

Jeff bonanza88 pun menghabiskan waktu untuk menuliskan cerita perjalanan ini di blog travelingnya yang bernama Life of Y. Selepas dari Bukit Lawang, pasangan ini berencana akan melanjutkan perjalanan menjelajahi kawasan Amerika Selatan.

Sumber : https://travel.detik.com/travel-news/d-5059501/kisah-turis-inggris-terjebak-2-bulan-di-rumah-orang-utan-bukit-lawang/2


Bola Tangkas Online     

 daftar




0 komentar:

Posting Komentar