Impresi Pertama Jajal Honda Beat Baru Rp 17 Jutaan

Honda Beat

8Tangkas - Honda BeAT series yang baru disegarkan awal tahun 2020 ini mengusung sejumlah desain, mesin, dan fitur yang baru. PT Astra Honda Motor (AHM) memposisikan harga mepet-mepet dengan Honda Genio yang dibanderol Rp 17,5 hingga Rp 17,9 Juta. Sedangkan New Honda BeAT Series dipatok mulai dari Rp 16,4 hingga Rp 17,2 juta. Lebih hemat dari Honda Genio.

All New Honda BeAT hadir dalam dua tipe yakni CBS dan CBS-ISS dengan total 9 varian warna. Ditambah satu varian tertinggi Deluxe dengan warna khas Deluxe Black dan Deluxe Silver yang dipadukan dengan 3D Emblem untuk memberikan kesan mewah dan dipasarkan dengan harga Rp 17.250.000 (On The Road Jakarta).

Usai peluncuran, detikcom sempat menjajal motor terlaris ini dengan tipe Honda BeAT series model Deluxe Black saat peluncuran di kawasan Ji Expo Kemayoran, Jakarta, Kamis (16/1/2019).

Kesan pertama saat melihatnya, warna hitam doff yang membalut sekujur bodi terlihat lebih kalem. Dimensi motor pun terlihat lebih lebar dari model lawas.

Menengok pada bagian speedometer kesan modern juga terpancar lewat kombinasi analog dan digital panel meter. Di dalamnya terdapat informasi jarak tempuh, kecepatan, dan indikator bahan bakar.

Bicara dimensi, Honda BeAT bonanza88 ini memiliki panjang 1.877 mm dan lebar 699 mm. Sementara tinggi jarak ke tanah 147 mm dan punya jarak sumbu roda 1.256 mm. Joknya pun cukup empuk, posisi kaki menapak sempurna dengan tinggi tester yang mencapai 168 cm.

Kondisi kaki terutama lutut tester juga cukup, tidak terbentur dengan dek. Saat posisi berkendara motor ini lumayan asyik kok dikendarai. Apalagi jok tester posisi duduk cocok untuk menghadapi jalan stop and go di jalan raya.

Motor ini memiliki rangka lebih enteng yang sama seperti rangka Honda Genio. Honda Beat mesin eSP ini punya klaim konsumsi BBM lebih irit, klaim Honda sendiri menyebut motor bisa menembus 60,6 km/liter (fitur ISS on) sehingga mampu menempuh jarak 254,52 km dalam sekali pengisian bahan bakar. Namun sayangnya detikcom sendiri belum bisa membuktikan karena keterbatasan waktu.

Honda sendiri juga membuat kapasitas tangki BBM BeAT generasi terbaru ini lebih besar sebelumnya 3,7 liter menjadi 4,2 liter. Untuk kapasitas penyimpanan bagasi sendiri Honda mengklaim mampu menampung hingga 12 liter.

Konfigurasi itu memiliki kelebihan, Beat baru masih mudah diajak bermanuver alias lincah saat menjajalnya di arena tes aspal yang sudah disiapkan beberapa tikungan. Motor terasa ringan saat diajak meliuk-liuk. Menurut tester masih tepat untuk penggunaan di perkotaan yang kondisi jalannya padat.

Beberapa fitur kekinian juga disematkan Honda ke dalam kombinasi layar analog dan digital, dan ditambahkan power charger untuk model CBS-ISS dan deluxe. Sedangkan fitur keamanan Honda BeAaT sendiri sudah dibekali Secure Key Shutter dengan Seat Opener.

Bagaimana dengan performa mesin?

Sektor dapur pacu Honda BeAT series generasi anyar ini menggunakan mesin baru karakter overstroke dengan tenaga dan kompresi lebih tinggi dibanding mesin eSP 110 cc sebelumnya, saat ini berukuran diameter dan langkah 47 x 63,1 mm. Dengan bekal tersebut, mampu menghasilkan tenaga 6.6 kW @ 7.500 rpm dengan torsi tertinggi di 9.3 Nm @ 5.500 rpm.

Saat tuas gas dipuntir, distribusi tenaga cukup smooth. Tidak ada kesan torsi yang meledak sejak rpm bawah. Namun, karakter mesin tersebut sudah cukup digunakan untuk harian.

Soal pengereman, skuter bonanza88 ini sudah memakai rem cakram di depan dan belakang masih tromol. Cakram hidrolik namun tidak dilengkapi teknologi ABS yang bakal mencegah roda ban mengunci saat dilakukan hard braking. Ketika coba dites detikcom, rem ini cukup pakem saat digunakan untuk jarak pengereman yang pendek.

Sedikit bicara fitur, motor sudah dilengkapi lampu depan LED namun belakang masih menggunakan bohlam. Sayang kami belum bisa melihat sebaik apa sebaran dan pancaran sinarnya, sebab tes dilakukan di siang hari.

Bicara fungsi, kapasitas bagasi BeAT saat ini menjadi 12 liter kalah dari Genio mencapai 14 liter. Kendati demikian dengan ruang tersebut sudah cukup untuk menyimpan barang, seperti jaket dan sarung tangan. Tetapi lebih baik bila ditingkatkan, agar dapat menampung lebih banyak benda seperti helm.

Selain itu, fitur baru Honda bonanza88 yang cukup menjadi perhatian adalah power outlet atau konektor USB untuk mengisi daya smartphone yang terletak di depan rack sebelah kanan. Fitur ini memiliki fungsi besar di mana perangkat komunikasi saat ini sudah menjadi kebutuhan utama bagi masyarakat. Hanya ada untuk model CBS-ISS dan Deluxe.

Sementara di fitur keamanan Honda BeAT sudah dibekali secure key shutter, bukan keyless untuk mencegah tindak pencurian. Namun dirasa kurang maksimal, dengan absennya fitur alarm yang digabungkan dengan answer back system, di mana fitur ini memudahkan pengendara mencari motor di parkiran.

Nah itu ulasannya detikers, tertarik untuk meminangnya?

Sumber : https://oto.detik.com/ototest-motor/d-4862559/impresi-pertama-jajal-honda-beat-baru-rp-17-jutaan/3




bola tangkas

 daftar

0 komentar:

Posting Komentar