hewan purba yang sampai sekarang masih hidup di indonesia

arwana asia termasuk hewan purba


8Tangkas
- Ternyata readers, di Indonesia masih ada hewan purba loh. Meski saat ini jumlahnya sudah sangat sedikit, tetapi spesies dari hewan-hewan ini masih ada yang tersisa hidup. Tak sedikit dari hewan-hewan purba ini yang juga dilindungi oleh negara.

Hewan purba adalah hewan yang hidup sejak ratusan bahkan ribuan tahun yang lalu. Saat ini mungkin hewan-hewan itu sudah banyak yang punah. Yang tersisa hanyalah fosil dan sejarahnya saja, yang disimpan dengan baik di museum-museum sejarah.


komodo  termasuk hewan purba kala


1. Komodo
Salah satu hewan purba yang masih ada di Indonesia adalah komodo. Komodo merupakan hewan sejenis kadal dengan ukuran terbesar di dunia. Panjang tubuhnya itu, rata-rata bisa mencapai 2 hingga 3 meter. Hewan ini termasuk jenis kanibal, karena sering memakan tubuh anaknya sendiri.


trenggiling termasuk hewan purba kala


2. Trenggiling
mahluk satu ini juga sangat banyak di tanah indonesia, Kamu tahu jenis hewan yang dapat menggulungkan badannya saat diserang musuh? Ya, itu adalah trenggiling dan ternyata hewan tersebut juga termasuk hewan purba loh. Spesies hewan yang memiliki sisik besar di sekujur tubuhnya ini sudah ada sejak 23 juta tahun yang lalu.


belangkas termasuk hewan purba kala

                       
3. Belangkas
Selanjutnya, ada Belangkas yang juga termasuk hewan purba yang masih ada di Indonesia. Namanya memang terdengar sedikit asing di telinga kita. Bentuk tubuhnya mirip sekali dengan kepiting dan sudah hidup sejak 250 juta tahun yang lalu.

Belangkas, Beberapa Bagian Tubuhnya Beracun
Belangkas termasuk hewan purba yang tidak mengalami perubahan bentuk tubuh. Daging dari tubuh hewan ini dapat dikonsumsi, tapi ada beberapa bagian yang juga beracun. Populasinya dapat ditemukan di perairan laut Asia Tenggara dan Amerika Utara. tetapi sekarang banyak terdapat di indonesia

Itulah tadi beberapa hewan purba yang masih ada di Indonesia. Sudah seharusnya spesies-spesies ini kita lindungi dan kita lestarikan agar populasinya tidak punah. Kalau di daerah kalian, ada tidak hewan purba yang masih ada hingga kini, yang belum masuk ke dalam daftar di atas?






bolatangkas

 daftar


0 komentar:

Posting Komentar